-->

Kisah Singkat Nabi Ismail Beserta Sejarah Air Zam-Zam

    Sejarah Air Zam-Zam

    Kisah Singkat Nabi Ismail

    Kisah Singkat Nabi Ismail Beserta Sejarah Air Zam-Zam - Ketika Nabi Ibrahim AS hendak pergi,Siti Hajar mencoba menahannya lalu berkata,“Wahai Ibrahim, kemana engkau hendak pergi? Apakah engkau akan meninggalkan kami di sini tanpa bekal untuk mencukupi kebutuhan kami?”


    Nabi Ibrahim tidak menjawab dan tetap beranjak pergi. Siti Hajar pun kembali bertanya, “Apakah Allah yang memerintahkanmu melakukan hal ini?” Nabi Ibrahim menjawab, “Ya. Allah lah yang memerintahkan ku.”Siti Hajar pun kembali berkata, “Kalau begitu Allah tidak akan membiarkan kami.”


    Mendengar jawaban Siti Hajar, Nabi Ibrahim pun akhirnya pergi dari tempat itu. Setelah melewati sebuah bukit hingga tak terlihat oleh Siti Hajar dan anaknya Ismail, ia pun berbalik.


    Ia memandang ke arah Baitullah sembari berdoa meminta kepada Allah agar segala kebutuhan Istri dan anaknya senantiasa tercukupi.


    Nabi Ibrahim kemudian kembali ke negeri Syam untuk menemui istrinya Siti Sarah atas perintah Allah.


    Di padang pasir yang tandus bernama Mekkah itu, Siti Hajar kebingungan mencari sumber air untuk Ismail yang terus menangis karena kehausan.


    Maka berlarilah Siti Hajar kesana kemari tanpa arah tujuan. Berkali-kali ia pulang pergi antara bukit Shafa dan Marwah, tetapi tidak didapatnya setetes air pun.


    Tiba-tiba, Siti Hajar mendengar suara yang memerintahkan agar Ismail diletakkan di sebuah tempat. Maka diletakkan lah Ismail di tempat sesuai perintah yang ia dengar.


    Dengan izin Allah SWT, kaki bayi Ismail yang menghentak-hentak itu seketika muncul mata air dari dalam pasir dengan derasnya.


    Lalu Siti Hajar pun segera meminum sepuasnya dari sumber mata air itu dan Ismail pun berhenti menangis.


    Tak lama kemudian mata air itu makin lama makin melimpah. Jibril pun berkata kepada air itu: "Zam-zam" yang berarti berkumpulah.


    Maka dengan izin Allah, mata air itu mengumpul. Sampai sekarang, mata air itu tidak berhenti mengeluarkan air, Serta dapat kita kenal dengan sebutan air Zam-zam.


    Perihal berlari-larinya Siti Hajar sekitar bukit Shafa dan Marwah dalam mencari sumber air, alhasil dijadikan salah satu rukun haji, yaitu dinamakan Sa'i.


    Para muslim harus menjalankan ibadah haji diwajibkan berlarian kecil sebanyak tujuh kali antara kedua tempat itu.


    Kemudian datang lah suatu rombongan kafilah Arab beserta suku Jurhum yang kebetulan sedang kehausan dan mencari-cari air. Sampai di kota Mekkah, tiba-tiba mereka melihat burung-burung sedang berterbangan di atas suatu bukit.


    Mereka menduga, pastilah ada sumber air di tempat burung-burung itu, maka ternyata dugaan mereka benar.


    Di tempat itu, mereka dapati Siti Hajar serta puteranya Ismail, berada di tepi mata air yang jernih dan makmur.


    Maka orang-orang Arab itu menemui Siti Hajar serta memohon izin untuk mengambil air di tempat itu.


    Siti hajar mempersilahkan dan minumlah seluruh anggota kafilah itu dengan puas. Setelah sekian lamanya, kemudian Nabi Ibrahim datang ke Mekkah untuk menjenguk istri dan anaknya.


    Sesampainya di sana, terkejutlah beliau melihat mata air yang melimpah serta tenang di tempatnya.


    Juga di sekitarnya terdapat desa yang subur dan makmur. Beliau pun lega, karena istri dan anaknya ternyata masih hidup sehat dan tercukupi.


    Siti Hajar lalu menceritakan semua kejadian yang pernah ia alami kepada suaminya. Mendengar itu, Nabi Ibrahim kemudian memuji kebesaran Allah SWT yang telah mengabulkan doanya terdahulu agar Istri dan anaknya itu serba dicukupi kebutuhan hidupnya.

    Manfaat Air Zam-Zam Untuk Kesehatan Tubuh

    Manfaat Air Zam-Zam

    Air Zam-Zam sudah dikenal sejak zaman dahulu oleh orang-orang islam, Air ini memiliki khasiat sungguh luar biasa serta air zam-zam menjadi salah satu oleh-olehkaum muslimin saat pulang menjalankan ibadah haji atau umroh dari tanah suci.

    Berikut ini adalah 10 Manfaat Air Zam-Zam Untuk Kesehatan Tubuh Manusia.

    1. Mengobati Berbagai Penyakit

    Dari Ibnu Abbas R.A, Rasulullah SAW bersabda sebaik-baiknya air terdapat dimuka bumi ini adalah sumur zam-zam, didalamnya terdapat makanan yang mengenyangkan serta penawar penyakit.

    2. Mempermudah Memperoleh Keturunan

    Meskipun belum terdapat penelitian lebih lanjut tentang hal ini, Namun pada faktanya orang berhasil memiliki keturunan  usai mengkonsumsi air zam-zam dan tentunya atas izin allah.

    3. Baik Bagi Metabolisme Tubuh

    Air merupakan kebutuhan pokok bagi tubuh makhluk hidup seperti manusia, fungsi air dalam tubuh paling utama ialah, membantu memuluskan metabolisme tubuh.

    Air Zam-Zam tidak menyimpan bahan kimia sehingga aman tentunya lebih baik dibandingkan dengan air biasa atau air mineral yang selalu kita konsumsi setiap hari.

    4. Mampu Meregenerasi Sel Kulit Mati

    Air Zam-Zam juga dapat membantu meregenerasi kulit dengan optimal, komsumsi dengan secara rutin akan bermanfaat bagi kesehatan kulit.

    5. Membuat Pintar

    Dari Imam Syafi'i bahwa beliau meminum air zam-zam dengan mengurungkan niatnya untuk pandai memanah, sehingga dalam melakukan sepuluh kali memanah, beliau tepat sebanyak sembilan kali mengenai sasaran, Subhanallah.

    6. Memberi Energi Pada Ibu Hamil

    Banyak ibu hamil mengalami kekurangan energi terutama pada masa awal kehamilan.

    Morning Sickness cukup parah menyebabkan si-ibu mengalami energi begitu cukup banyak. Untuk menggantikan energi hilang tersebut boleh dilakukan dengan menggunakan air zam-zam.

    Mengingat air ini tidak menimbulkan bau maka si-ibu tidak akan mengalami mual-mual.

    7. Mampu Menutrisi Janin

    Selain mempersembahkan energi pada ibu hamil, Begitu pula air zam-zam dapat memberikan nutrisi pada janin.

    Sebab makanan dan minuman yang disantap oleh ibu, tentu juga akan disantap oleh sang janin. Oleh karena itulah selalu makan-makanan dan minum-minuman baik seperti air zam-zam, supaya janin dapat tumbuh sehat serta optimal.

    8. Membantu Memperlancar Peredaran Darah

    Air memilki banyak fungsi terutama, yaitu dapat membantu struktur peredaran darah. Mengkonsumsi air zam-zam dipercaya dapat membantu melancarkan sistem peredaran darah didalam tubuh.

    Tujuannya tentu akan semakin membuat tubuh anda lebih sehat lagi ya.

    9. Baik Untuk Tulang dan Gigi

    Kandungan potasium serta kalsium cukup tinggi terdapat dalam air zam-zam selain berkualitas, akan sangat baik untuk tulang beserta gigi, terlebih lagi bagi anda yang mempunyai masalah pada tulang serta gigi tentu sangat baik. Untuk itulah selalu konsumsi air zam-zam secara rutin ya.

    10. Menguatkan Rahim

    Air Zam-Zam juga dapat dipercaya mampu menguatkan rahim saat proses kehamilan, solusi tepat bagi anda yang punya masalah kandungan lemah, konsumsilah secara rutin dan meminum air zam-zam supaya kandungan anda tetap sehat serta kuat ya.

    Penutup

    Demikianlah Kisah Singkat Nabi Ismail Beserta Sejarah Air Zam-Zam, Maha suci Allah atas segala kebesaran dan kuasanya. Jika artikel ini bermanfaat untuk anda, silahkan share artikel ini kepada teman-teman anda agar supaya mereka tahu. Terimakasih atas kunjungannya.

    Sumber: Anak Muslim Channel


    LihatTutupKomentar