-->

Kisah Nabi Shaleh AS Singkat dan Mukjizat Nabi Shaleh

    Kisah Nabi Shaleh AS Singkat

    Kisah Nabi Shaleh AS Singkat dan Mukjizat Nabi Shaleh - Nabi Shaleh AS adalah keturunan dari Nabi Nuh AS. Kisa Nabi Shaleh AS berasal dari keluarga miskin dan sederhana. Namun begitu, Nabi Shaleh adalah pemuda yang taat dan hanya beriman kepada Allah SWT.


    Nabi Shaleh diutus untuk kaum Tsamud yang hidup dibekas reruntuhan kaum Aad. Mereka sanggup membangun ulang jaringan irigasi yang lebih sempurna guna untuk mengairi lahan perkebunan dan pertanian.


    Berkat kegigihan kamum Tsamud, negeri tanduspun bisa dibangun kembali. Bangunan tempat itu megah dan mewah. Gunung-gunung dipahat menjadi istana yang begitu indah. Tanah ditempat itu juga subur,pepohonan hijau dan buahnya lebat.


    Hasil panen selalu merimpah ruah seluruh kaum Tsamud hidup sejahtera dan tercukupi. Namun keberhasilan itu, justru membuat kaum Tsamud lalai dan sombong mereka tidak mau menyembah kepada Allah.


    Mereka menganggap rezeki yang mereka peroleh bukan karenan karunia Allah, melainkan hasil usaha mereka sendiri. Oleh karen itulah allah mengutus Nabi Shaleh agar berdakwah untuk kaum Tsamud agar kembali kepada jalan yang benar.

    Ajakan Nabi Shaleh kepada Kaum Tsamud

    Singkat cerita Nabi Shaleh pun mulai berdakwah, beliau mengajak kaum Tsamud untuk menyembah allah namun kaum Tsamud sama sekali tidak menghiraukan ajakan Nabi Shaleh dan menganggap Nabi Shaleh sebagai pembohong belaka.

    Kaum Tsamud lalu menuntut Nabi Shaleh untuk mengeluarkan Mukjizat menghadapi tuntutan itu. Tak ada jalan lain lagi bagi Nabi Shaleh terkecuali memohon kepada allah agar supaya diberikan mukjizat kepadanya.

    Allah pun mengabulkan permohonan Nabi Shaleh.

    Mukjizat Nabi Shaleh AS

    Kisah Nabi Shaleh AS Singkat

    Kisah Nabi Shaleh AS selanjutnya ialah, Pada suatu hari Nabi Shaleh mengajak kaum Tsamud untuk pergi ke kaki gunung. Orang-orang kafir itu mengikuti Nabi Shaleh bukan karna mempercayainya, mereka malah berharap agar Nabi Shaleh tidak bisa mengeluarkan mukjizat nya dan dapat menghinanya sepuasnya.

    Sesampainya dikaki gunung, kaum tsamud meminta nabi shaleh agar mengeluarkan seekor unta dari sebongkah batu besar. Sebuah permintaan yang tidak masuk akal.

    Namun betapa terkejutnya kaum tsamud karena tiba-tiba sebongkah batu besar itu terbelah, dari bongkahan batu-batu itu, keluarlah seekor unta betina, orang-orang dari kaum tsamud keheranan. Menepuk-nepuk pipi mereka dan mamandang seakan tidak percaya.

    Setelah kejadian itu beberapa orang mulai percaya, mereka membenarkan kenabian nabi shaleh as. Kabar itu segera tersebar keseluruh penjuru negeri. Air susu unta yang keluar dari batu itu banyak sekali dan cukup untuk diminum seluruh penduduk.

    Orang-orang bergembira, mereka bisa minum susu unta sepuasnya, Akan tetapi masih ada juga orang-orang yang berkeras hati tidak mau percaya dan menganggap semua itu hanyalah sihir belaka.

    Orang-orang kafir tidak mau mempercayai nabi shaleh, kemudian memilih 9 algojo kejam yang selama ini sering menyiksa pengikut nabi shaleh untuk membunuh unta tersebut.

    Azab Kaum Nabi Shaleh AS

    Melalui malaikat jibril allah memberi tahu rencana pembunuhan unta itu kepada nabi shaleh. Beliau kemudian datang untuk menasihati orang-orang kafir itu agar bertaubat dan mengurungkan niat jahat mereka.

    Namun tekad mareka sudah bulat dengan membawa pedang terhunus, mereka mengejar unta nabi shaleh dan membunuhnya dengan pedang yang sudah diasah tajam.

    9 algojo itu kemudian mendatangi rumah nabi shaleh karena mereka juga ingin membunuhnya, namun dalam perjalanan mendadak batu-batu besar melayang menghantam mereka dan mereka pun meninggal dengan sangat keji.

    Azab allah pun turun berupa petir yang menyambar dengan amat sangat keras. Orang-orang kafir yang tidak mempercayai kebenaran Nabi Shaleh pun berlarian menyelamatkan diri.

    Bumi tempat mereka berpijak juga tiba-tiba berguncang, gempa dahsyat pun terjadi. Orang-orang kafir pun semakin bingung bencana datang dari atas dan bawah.

    Rusak sudah suatu peradaban tinggi dari bangsa yang kuat dan perkasa. Tempat tinggal, rumah, harta dan hewan peliharaan mereka benar-benar telah lenyap semua. Itulah adzab bagi kaum tsamud yang durhaka.

    Akhirnya setelah azab itu di turunkan semua kaum tsamud binasa tak ada lagi yang tersisa kecuali 120 orang yang beriman kepada allah dan mengikuti dakwah nabi shaleh.

    Selanjutnya nabi shaleh membawa pengikutnya berhijrah ke ramlah yang merupakan suatu tempat di palestina.

    Penutup

    Demikianlah kisah Nabi Shaleh AS Singkat dan Mukjizat Nabi Shaleh. Semoga dengan adanya kisah ini dapat mempertebal keimanan kita dan percaya tentang kebesaran allah swt amin ya rabbal alamin.

    Mohon maaf jika didalam penulisan terdapat kesalahan nama atau tempat keliru mohon untuk di koreksi dibawah kolom komentar ya !. Dan jangan lupa share artikel ini kepada teman-teman agar mereka juga tahu apa yang kamu baca Terimakasih.
    LihatTutupKomentar