-->

Kisah Nabi Luth Singkat dan Hancurnya Kaum Sodom

    Kisah Nabi Luth Singkat

    Kisah Nabi Luth Singkat dan Hancurnya Kaum Sodom - Nabi Luth As adalah keponakan dari Nabi Ibrahim As, Beliau bertempat tinggal didaerah palestina dan rumah beliau bertetangga dengan Nabi Ibrahim.

    Sesudah diangkatnya menjadi Nabi dan Rasul, Nabi Luth diperintahkan untuk berdakwah dinegeri Sodom, sebuah negeri yang masyarakatnya sangat durhaka dan juga sesat.

    Kaum Sodom tidak hanya menyekutukan allah, mereka juga memiliki moral yang sangat tidak baik. Mereka menikah dengan sesama jenis laki-laki dengan laki-laki perempuan dengan perempuan.

    Padahal takdir sebagai manusia adalah menikah dengan lawan jenisnya, yaitu laki-laki menikah dengan perempuan. Tugas Nabi Luth begitu sangat berat beliau harus berdakwah kepada kaum yang telah menyimpang dari takdir mereka, pikiran mereka sudah terbolak-balik dan mereka tidak merasa bersalah melakukan perbuatan dosa itu.

    Nabi Luth memberikan nasihat yang baik melalui dakwah-dakwahnya, akan tetapi kaum sodom tidak mau menerimanya dan mengejek Nabi Luth, Jika mereka diingatkan akan adanya hari pembalasan dan azab allah yang sangat pedih.

    Namun mereka malah menantang Nabi Luth agar segera mendatangkan siksaan Allah itu.

    Kesedihan Nabi Luth semakin terpuruk karena bukan hanya umat beliau yang menentang ajaran beliau, akan tetapi istrinya pun malah mengikuti ajaran orang-orang sesat serta keji itu untuk membantu mereka menentang dakwah beliau.

    Singkat cerita, pada suatu hari Nabi Luth didatangi dua tamu yang sangat tampan, istri Nabi Luth sangat gembira dan ia segera menemui kaumnya untuk memberi tahukan hal itu kepada mereka.

    Mendengar berita itu semua orang kegirangan. Mereka saling berebut, untuk mendatangkan dua pemuda tampan itu.

    Mereka pada akhirnya datang berbondong-bondong orang-orang menuju rumah Nabi Luth.

    Selain itu mereka juga berteriak keras kepada Nabi Luth agar supaya mengeluarkan ke dua tamunya yang tampan itu, Nabi Luth pun gelisah mendengar teriakan-teriakan dari luar rumahnya.

    Dengan kesabaran Nabi Luth mencoba untuk menyadarkan kaumnya bahwa tindakannya itu sunguh-sunguh tercela, Namun kaumnya tidak peduli mereka tetap menuntut agar Nabi Luth segera menyerahkan tamunya.

    Disaat yang genting itu tiba-tiba kedua tamu Nabi Luth memberitahukan bahwa sebenarnya mereka adalah utusan Allah.

    Kedua tamu itu mengatakan agar Nabi Luth tenang dan meminta Nabi Luth sekeluarga beserta pengikutnya untuk meninggalkan negeri Sodom dimalam hari dan kedua utusan Allah itu juga meminta Nabi Luth dan pengikutnya untuk tidak berpaling melihat kebelakang.

    Maka keluarlah Luth sekeluarga melalui pintu belakang. Hari menjelang pagi penduduk Sodom yang menunggu didepan rumah Nabi Luth tak sabar lagi, mereka menekad mendobrak pintu rumah Nabi Luth.

    Seketika mereka bersorak begitu melihat kedua tamu tampan itu didalam rumah Nabi Luth tetapi maksud mereka untuk membawa kedua pemuda tampan itu sirna, karena tiba-tiba sepasang bola mata mereka tidak dapat melihat lagi.

    Mereka diazab oleh allah hingga menjadi buta. Keesokan paginya datang lagi azab allah yang lain, negeri Sodom ditimpa gempa bumi yang sangat dahsyat dan kaum durhaka itu dihujani batu besar berjumlah sangat banyak.

    Sehingga tidak seorang pun yang hidup. Nabi Luth bersama istri dan keuda anaknya mendengat gemuruh hancurnya negeri Sodom, Mereka terus berjalan tanpa berani menoleh kebelakang.

    Namun istri Nabi Luth tergerak hatinya untuk menoleh. Maka istri Nabi Luth seketika berubah menjadi batu dan musnah bersama penduduk Sodom yang durhaka itu.

    Demikianlah kisah Nabi Luth Singkat dan Hancurnya Kaum Sodom. Semoga kita dapat mengambil hikmah dari kisah ini agar tidak durhaka dan melanggar larang Allah SWT. Amin yarobballalamin

    Sumber: Anak Muslim Channel


    LihatTutupKomentar