-->

Kisah Nabi Adam Singkat Di Ciptakannya Manusia Pertama Di Bumi

    Kisah Nabi Adam Singkat

    Kisah Nabi Adam Singkat Di Ciptakannya Manusia Pertama Di Bumi - Sebelum Nabi Adam As diciptakan, Allah SWT menciptakan langit dan bumi serta segala isinya termasuk gunung,laut,tumbuhan,hewan,matahari sebagai sumber panas dan bulan sebagai penerang malam.

    Langit dan bumi dicipatakan dalam waktu 6 hari atau 6 masa, sedangkan 1 hari atau 1 masa disisi allah sama dengan 1.000 tahun menurut perhitungan manusia.

    Allah maha kuasa apaliba Allah menghendaki sesuatu Allah berfirman Kun atau yag berarti jadilah, maka jadilah apa yang dikehendakinya.

    Sejarah Awal Mula Malaikat Di Ciptakan Allah

    Sesudah menciptakan langit dan bumi maka Allah menciptakan makhluk yang bernama malaikat.

    Malaikat dibuat daru Nur atau cahaya, Malaikat diciptakan sebagai makhluk yang tunduk dan patuh kepada Allah SWT.

    Sama sekali tidak pernah durhaka kepadanya, malaikat tidak tidur juga tidak melakukan perbuatan dosa, tidak berjenis laki-laki juga tidak berjenis perempuan.

    Malaikat mempunyai alam tersendiri yaitu alam ghaib serta tidak dapat dilihat oleh manusia.

    Sejarah Awal Mula Jin dan Iblis Di Ciptakan Allah

    Lalu selanjutnya jin dan iblis diciptakan dari api begitu sangat panas, ia mempunyai jenis kelamin laki-laki dan perempuan.

    Jin ada yang patuh ada pula yang ingkar kepada perintah Allah, disebut iblis atau setan.

    Iblis beserta keturunannya adalah makhluk sangat-sangat durhaka, tidak ada kebaikan sama sekali yang tersisa didalam dirinya.

    Pekerjaan iblis dan setan adalah menggoda manusia agar tersesat serta terjatuh dalam lembah dosa karena permintaan iblis untuk hidup didunia sampai hari kiamat telah dikabulkan oleh Allah.

    Karena sebelum Adam diciptakan, iblis adalah makhluk pernah patuh serta taat kepada Allah, maka perpanjangan umur bagi iblis hingga akhir kiamat nanti adalah balasan bagi kebaikannya dimasa lampau sebelum diciptakannya manusia pertama dimuka bumi.

    Setelah Nabi Adam As diciptakan oleh Allah, Iblis menjadi makhluk pembangkang karena iri kepada manusia. Maka ia diazab oleh Allah serta diusir dari kenikmatan surga.

    Kisah Di Ciptakannya Nabi Adam As Manusia Pertama Di Muka Bumi

    Selesai langit bumi beserta segala isinya, malaikat,jin atau iblispun diciptakan, maka Allah hendak menciptakan makhluk yang akan diperintahkan untuk mengelola dan merawat bumi.

    Hal itu diutarakan kepada para malaikat, Allah pun berfirman,"Aku akan menciptakan manusia untuk menjadi pengatur dibumi."

    Para malaikat pun mengira selama ini mereka lalai dalam menjalankan tugasnya, Maka mereka berkata "Mengapa engkau menciptakan manusia, bukankah mereka hanya akan berbuat kerusakan diatas bumi, mereka akan saling bermusuhan serta saling membunuh, sedangkan kami para malaikat senantiasa patuh dan mengagungkan namamu."

    Untuk menjawab kekhawatiran para malaikat itu, Allah kemudian berfirman "Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui."

    Para malaikat pun bungkam mendengar penegasan Allah itu, bukankah Allah memang maha mengetahui atas segala sesuatu !.

    Demikianlah Allah kemudian menciptakan Adam dari tanah liat serta lumpur hitam, Kemudian dimasukanlah roh kedalamnya.

    Adam pun kemudian hidup bisa berdiri tegak mulai bernafas dihadapan Allah SWT.

    Kisah Nabi Adam As Singkat ketika Iblis Diusir Dari Surga

    Kisah Nabi Adam As Singkat

    Setelah Nabi Adam As diciptakan, Allah SWT memerintahkan para malaikat untuk bersujud kepada Nabi Adam, Para malaikat pun bersujud, sebagai bentuk rasa hormat dan ungkapan syukur atas terciptanya Adam.

    Hanya iblis yang tidak mau bersujud serta berani menolak perintah Allah. Allah lalu berfirman "Apakah yang menyebabkan engkau tidak mau bersujud kepada Adam?".

    Iblis pun berkata dengan sombongnya "Saya lebih baik dari pada Adam, engkau ciptakan saya dari api sedangkan Adam hanya dari segumpal tanah" Hanya iblislah berpendapat bahwa api lebih baik dari pada tanah.

    Padahal hanya Allah lah maha tahu mana paling mulia diantara semua ciptaannya.

    Mendengar jawaban iblis yang sombong, Allah kemudia berfirman "Hai iblis keluarlah engkau dari surga sungguh tidak patut lagi kau berada disurga dan terkutuklah engkau selama-lamanya karena kesombongan mu."

    Iblis pun berkata "Saya rela engkau kutuk serta usir diriku dari surga karena Adam, tapi kabulkanlah permohonan saya untuk hidup hingga akhir kiamat nanti."

    Permohonan iblis masih dikabulkan, ia dibiarkan hidup sampai hari kiamat. Iblis kemudian bersumpah, karena engkau telah menghukum saya sebagai makhluk tersesat, maka saya akan menghalang-halangi Adam serta ketururannya dari jalanmu yang lurus.

    Saya akan mendatangi mereka dari depan dan dari belakang, begitu pula dari kiri dan dari kanan. Begitulah sumpah iblis, ia bertekad akan menyesatkan Nabi Adam As serta keturunannya agar mereka menjauhi perintah Allah, serta berbuat kekacauan dimuka bumi, saling bermusuhan serta saling membunuh satu sama lain.

    Allah lalu berfirman, untuk melawan segala tipu daya jahatmu akan aku beri manusia bekal ampuh bernama akal pikiran. Dengan akal itu akan aku tuntun mereka kejalan yang benar, dengan akal itu menusia akan mampu membedakan mana yang benar dan mana yang salah.

    Siapa yang tidak menggunakan akalnya tentu dapat kau sesatkan, mereka yang sesat itu akan mempertanggung jawabkan perbuatannya padaku dihari kemudian.

    Mendengar firman Allah, iblis makin benci kepada Adam ia kemudian meminta izin untuk mendekati Adam. Diperiksalah seluruh tubuh Adam, iblis mencari celah kelemahan Adam dan menemukannya yaitu Nafsu.

    Nafsu lebih sering melakukan perbuatan buruk, Bila manusia sering menuruti hawa nafsunya maka sangat mudah bagi iblis untuk menggodanya.

    Allah kemudian mengajarkan kepada Adam nama benda-benda yang dilihatnya, dengan demikian Adam mengetahui nama benda-benda yang ada dimuka bumi.

    Itulah pengetahuan dasar yang nantinya diperlukannya untuk mengatur serta merawat bumi.

    berfirmanlah Allah kepada para malaikat "Sebutkanlah kepada ku nama benda-benda itu, maha suci engkau ya Allah tidak ada yang kami ketahui selain apa yang engkau ajarkan kepada kami, hanya engkaulah maha mengetahui segala-galanya." kata para malaikat dengan penuh takjub.

    Allah kemudian berfirman kepada Adam "Wahi Adam beritahukanlah kepada para malaikat nama benda-benda itu." Adam kemudian menyebutkan nama-nama benda yang diketahuinya.

    Para malaikat kagum, mereka memberi penghomatan sekali lagi kepada Adam. Bukankah sudah aku katakan, aku mengetahu rahasia langit dan bumi, aku lebih mengetahui apa yang tidak kamu ketahui. Firman Allah kepada malaikat.

    Penutup

    Demikianlah Kisah Nabi Adam Singkat Di Ciptakannya Manusia Pertama Di Bumi serta Iblis dikutuk oleh Allah SWT.

    Pada artikel selanjutnya akan dikisahkan bagaimana Nabi Adam dan Hawa tergoda untuk memakan buah Khaldi, Nantikan kisahnya hanya di website Txuneo.

    Sumber: Anak Muslim


    LihatTutupKomentar