-->

Cara Mengecat Velg Motor Dua Warna Tanpa Kompresor

    Cara Mengecat Velg Motor
    Foto By Txuneo

    Cara Mengecat Velg Motor Dua Warna Tanpa Kompresor - Hai-hai Neopers jumpa lagi ya di website kami, Repaint adalah suatu kegiatan dalam pengecatan dimana hal ini akan dilakukan jika warna pada body atau velg pada kendaraan yang mereka tunggangi sudah mengalami kerusakan atau pudar.


    Banyak diluaran sana jasa-jasa pengecatan sepeda motor atau mobil. Akan tetapi disini saya akan berbagi pengalaman seputar cara repaint velg motor dua warna tanpa kompresor.


    Memodifikasi velg tentu menjadi pelengkap bagi motor, apalagi kalau warna velg tersebut berbeda dengan orang-orang tentu menjadi daya tarik terhadap pecinta otomotip. Selain mempercantik motor tentu menjadi kepuasan tersendiri.


    Ok gak usah lama-lama kita langsung saja kepembahasan yang lebih details. Untuk cara repaint velg dua warna tanpa kompresor bahan-bahan yang harus anda persiapkan antara lain sebagai berikut:

    • Cat Aerosol atau Pilox
    • Stiker khusus airbrush
    • Amplas
    • Pisau Cutter
    • Lakban kertas
    • Penggaris

    Cara Mengecat Velg Motor Mio Dua Warna Tanpa Kompresor

    Ditutorial ini saya contohkan pada velg yamaha mio, kebetulan pada saat itu warna velg pada motor yamaha mio sudah terkelupas dan harus dicat ulang.

    Dibawah ini adalah proses awal sampai finishing, jadi simak sampai tuntas ya guys.

    Gunakanlah Hamplas Halus 400 CC

    Langkah awal cara mengecat velg motor yang harus kalian lakukan ialah menghamplas velg tersebut sampai benar-benar terlihat kusam beserta air sabun.

    Selain itu juga untuk membantu mempermudah proses pengamplasan dan menghilangkan kotoran-kotoran atau minyak pada velg. Jika warna pada velg kalian masih bagus atau masih original, kalian cukup menghamplasnya saja.

    Akan tetapi jika warna cat velg motor kalian sudah terkelupas, kalian harus manghapusnya menggunakan  cairan penghilang cat atau paint remover, banyak ko yang jual paint remover ditoko bangunan, Harganya kisaran 25 Ribu rupiah saja lanjut yuk.

    Semprotkan Epoxy Grey Diton Premium

    Cara Mengecat Velg Motor
    Foto By Txuneo

    Pertama-tama Cara Mengecat Velg Motor Dua Warna, kalian semprotkan epoxy grey/primer grey terlebih dahulu dengan kode 9120 tipis-tipis terlebih dahulu sebanyak 2-3 lapis dengan jeda waktu sekitar 15 sampai 30 menit sampai benar-benar kering.

    Fungsi dari epoxy tentu menjadi pondasi awal untuk cat agar cat yang dihasilkan menjadi kuat, seperti halnya rumah kalau tidak ada pondasi ya ambruk dong yah.

    Hindari penyemprotan langsung tebal kenapa? karena jika kalian semprot tebal langsung, hal yang akan terjadi adalah meler atau ngacay.

    Cat yang saya gunakan didalam mengecat velg motor ini ialah menggunakan cat dari diton premium karena harganya cukup terjangkau dan bahan cat diton ini ialah 100% cat NC, sama seperti cat kompresor pada umumnya.

    Jadi hasilnya adalah:
    1. Tahan Bensin
    2. Cepat Kering
    3. Anti Retak
    4. Lebih Mengkilap
    Untuk harga jual epoxy grey dari diton premium, dibandrol dipasaran sekitar 28.000 ribu rupiah dionline store.

    Semprotkan Warna Hitam

    Cara Mengecat Velg Motor
    Foto By Txuneo

    Setelah selesai pada proses pengamplasan, langkah selanjutnya semprotkan warna hitam seperempat lingkaran dengan kode 9109 kurang lebih 2-3 lapis sampai benar-benar kering.

    Untuk jeda waktu tiap lapisnya sekitar 15 menit, karena diton premium ini cepat keringnya guys dan untuk harganya dihargai 28.000 ribu rupiah.

    Tempelkan Cuting Stiker

    Setelah warna hitam kering langkah berikutnya menempelkan cuting stiker, untuk menghasilkan motif warna seperti gambar dibawah ini:

    Cara Mengecat Velg Motor

    Untuk membeli stikernya bisa kunjungi toko adix airbrush ditokopedia, kalian ketikan saja nama toko tersebut atau anda juga bisa membuat nya ditempat kalian masing-masing.

    Akan tetapi pada waktu itu ditempat kami jasa pembuatan stiker sedang tidak ada dan terpaksa harus memesannya melalui online store. Jika kalian berminat kunjungi saja toko online adix airbrus ditokopedia.

    Untuk harga stiker tersebut dihargai 40.000 ribu belum termasuk ongkos kirim.

    Semprotkan Warna Putih

    Cara Mengecat Velg Motor
    Foto By Txuneo

    Setelah penempelan stiker selesai, lanjut dengan melakukan penyemprotan mengunakan warna putih dengan kode 9102. Semprotkan pada bagian-bagian warna orange saja, Ko warna orange? yup karena pada tutorial ini saya akan mengecat warna orange stabilo dipadukan dengan warna hitam.

    Jadi harus didasari dulu dengan warna putih, setelah kering lanjut tempel stiker lagi untuk menghasilkan motif tulisan berwarna putih seperti contoh dibawah:

    Cara Mengecat Velg Motor

    Gunakan Warna Repsol Orange

    Cara Mengecat Velg Motor
    Foto By Txuneo

    Berikutnya saya gunakan warna orange solid dengan kode 9237. Pada langkah ini saya semprotkan warna repsol orange tersebut sekitar 2-3 lapis sampai benar-benar kering.

    Sebelum naik kewarna stabilo, Biasanya saya gunakan warna solid terlebih dahulu untuk menyamarkan jika suatu saat cat stabilo luntur.

    Gunakan Warna Orange Stabilo

    Cara Mengecat Velg Motor
    Foto By Txuneo

    Setelah kering baru lanjut ke warna orange stabilo dengan kode 9013, saya lakukan penyemprotan sekitar 2-3 lapis dengan jeda tiap-tiap lapis sekitar 10-15 menit sampai warna tertutup sempurna. Lanjut yuk

    Tempel Stiker Lagi

    Cara Mengecat Velg Motor
    Foto By Txuneo
     
    Cara Mengecat Velg Motor
    Foto By Txuneo

    Setelah selesai pengecatan warna orange stabilo, langkah berikutnya menempelkan stiker lagi untuk menghasilkan motif tulisan berwarna orange.

    Lanjut saya gunakan isolasi kertas 1,5 ml untuk membuat motif pembatas warnanya kemudian tutup bagian warna orange stabilo menggunakan lakban kertas atau koran bekas.

    Gunakan Warna Hitam Lagi

    Cara Mengecat Velg Motor
    Foto By Txuneo

    Lanjut Warna terakhir, jika sudah selesai selanjutnya gunakan warna hitam lagi dan lakukan tipis-tipis dahulu untuk mencegah terjadinya cat bocor pada sela-sela isolasi tadi.

    Saya semprotkan sebanyak 2 lapis dengan jeda tiap lapis sekitar 5 menit. jika sudah kering mulailah dengan mengelupas semua isolasi kertas atau kertas koran tadi dan dibantu dengan pisau cutter untuk memudahkan pengelupasan.

    Gunakan Clear Gloss

    Cara Mengecat Velg Motor
    Foto By Txuneo

    Lanjut ketahap finishing, disini saya menggunakan clear gloss dari produk yang sama dengan kode 9128.

    Saya lakukan penyemprotan sebanyak 4 lapis dengan jeda tipa lapis kurang lebih sekitar 10-15 menit sampai benar-benar maxsimal.

    Penutup

    Nah akhirnya selesai juga Cara Mengecat Velg Motor Dua Warna Tanpa Kompresor. Bagaimana ? apakah mudah atau susah. jika kalian mempunyai pertanyaan silahkan tinggalkan dikolom komentar dibawah ya.

    Dan jangan lupa share artikel ini kepada teman-teman kalian agar mereka tahu apa yang kalian baca. Kami juga menyertakan video dibawah yang bisa kalian tonton, terimakasih.
     

    LihatTutupKomentar